Kamis, 09 Oktober 2014

Pengalaman Melahirkan : Yang Saya Lakukan Mendekati Waktu Kelahiran

Setelah merasakan yang namanya kehamilan dan melahirkan, ngebuat saya makin sayang sama orangtua saya terutama ibu. Semakin saya mengerti kenapa Rasulullah SAW menjawab IBU sebanyak 3 kali ketika ditanya seseorang tentang kepada siapa harus berbakti pertama kalinya. Tapi gak lepas juga makin hormat kepada seorang ayah yang berjuang mencari nafkah untuk istri dan anaknya.

Saat ini saya mau berbagi pengalaman menjelang, saat dan setelah melahirkan.

Sekarang pengalaman menjelang melahirkan dulu....

Menjelang melahirkan, saya sempat stress karena sampai usia hampir 41 minggu (kurang dua hari) anak di perut belum menunjukkan tanda-tanda mau keluar. Bahkan saat di periksa dalam punya status si anak belum masuk jalur lahir sama sekali. 
Saya melakukan banyak aktivitas untuk membantu anak saya masuk jalur lahirnya diantaranya : 


  • Senam hamil (dilakukan sendiri di rumah)
Bagi yang ngerasa gak perlu senam hamil, tos dulu sama saya yang berpikir begini awalnya.
Tapi akhirnya saya ikut 1-2 sesi (setelah diperbolehkan oleh dokter kandungan). Dan saya gak nyesel pernah ikutan meskipun alasan awal saya ikut karena bosen dirumah aja :)
Maklum kalo alasannya gak kuat gak boleh keluar rumah sendirian semakin tua usia kandungannya.
Bagian yang sering saya lakukan untuk membantu anak di perut adalah berdiri jongkoknya senam hamil dan melatih pernapasan biar rileks.


  • Jalan kaki setiap pagi sampai menjelang kelahiran
Biasanya saya lakukan bareng suami. Tapi kalo lagi gak bareng suami ya jalannya sambil sekalian nyari makan diluar (the other motivation).
Seberapa jauh? 
kalo lagi ada yang nemenin, keliling kompleks perumahan orang yang jauh dari jalan raya biar udaranya bersih dan aman.
kalo lagi gak ada yang nemenin... jalan ke tempat penjual makanan ataaau muterin lapangan atau tanah kosong deket rumah sambil berharap ada penjual makanan lewat (teteup ya...)


  • Naik turun tangga
Saya lakukan sekali sesi itu 10 kali bolak-balik naik turun tangganya. Diantara tiap sesi saya kasih jeda sekitar 5-10 menit sambil pijet-pijet atau goyang kaki biar gak pegel atau minum air dan nyemil. Berapa sesi? sekuatnya... saya sendiri 1-2 sesi.


  • Rileks
Ini PENTING SANGAT! eh apa SANGAT PENTING!
Logikanya dengan saya rileks, anak diperut ga tegang. Bagian perut juga gak tegang jadi memudahkan anak masuk jalur lahir. Tapi anak saya maunya emang ketika 41 minggu baru masuk jalur lahir. hahahaha....


  • Ngajak ngobrol anak sambil dielus-elus
Aktivitas yang ini sudah saya lakukan sejak anak masih berusia muda di kandungan (kurang lebih dari usia 3-4 bulan karena konon di usia tersebut rohnya ditiup ke badannya). Saya elus-elus karena dah kena cinta buta ama anak di perut. Saya ngerasa JATUH CINTA sama anak sendiri.

Semakin mendekati kelahiran makin sering saya ajak ngobrol, bahkan saya curhatin kalo saya lagi sedih (biasanya ada respon balik dari dalam perut). 
Kalo lagi ceria sayanya si anak aktif banget gerakannya. Kalo saya lagi sedih, si anak bergerak lembut seperti sedang menghibur. Kalo saya marah (apalagi marah ama bapake tanpa sebab), ditendang sekuatnya dari dalem biar gak marah kayanya.. (kalo kata orang tua saya, anaknya kaget denger suara marah saya dan gak nyaman).

Salah satu obrolan yang paling sering saya ucapin : "Nak, Bantu Ibu ya... Keluarlah selagi kamu siap melihat dunia luar. Beri tanda ya sayang. Tapi kasih tanda dan mau keluarnya kalau bisa jangan pas jam macetnya jalanan. Kasihan kamu juga nak kalau kelamaan ditahan di dalam padahal sudah waktunya melihat dunia. Bantu Ibu beri kekuatan dan kesabaran ya Nak. Kamu mau kan lahirnya dibantu dokter Oni? (dokter kandungan saya dr. Oni Khonsa di RSIA Tambak). Nanti kita sama-sama berjuang ya... Ibu berjuang dari luar, kamu berjuang dari dalam. Kami semua gak sabar ketemu kamu, tapi kita harus bersabar ya. Ibu cinta kamu, Nak".

well, semua obrolanku itu sering dapat respon dari anakku di dalam.
Dan saya yakin anak sudah bisa diajak komunikasi bahkan sejak masih usia 3 bulan.


  • Berdoa dan Ngaji
Ditaruh terakhir bukan karena gak penting. Justru SANGAT PENTING! dan yang ini saya lakukan sejak awal tau saya hamil. Gak ada ayat khusus (meskipun banyak yang menganjurkan surat tertentu) karena semua surat dalam Al-Quran itu baik bagi bayi. Karena sejak sebelum nikah pengen banget apal surat Al-Waqiah (sampe sekarang gak apal-apal seluruh ayatnya) ya jadilah abis baca Al-Quran ditutup dengan Al-Waqiah. 

Kadang ketika ga sempat baca Al-Quran, saya putarkan radio AM dipagi hari (pagi-pagi pasti ada yang murottal atau latihan ngaji) atau putar mp4 murottal dari HP (favorit denger suara Al-Sudais baca surat Al-Waqiah).


  •  Pasrah / Berserah pada Tuhan.

Ketika diberi tegat dokter hari Minggu, 13 April 2014 terakhir dibiarkan adanya tanda-tanda alami kelahiran dan semua stress yang dialami sebelum akan diberikan induksi di tanggal 14 April 2014. Pasrah dan berserah diri pada Tuhan adalah hal yang terakhir kali saya lakukan setelah semua usaha dan doa.



Alhamdulillah 13 April 2014, anak memberi tanda lahiran. Pagi jalanan sepi, kami menuju rumah sakit. Benar-benar kuasa Tuhan.... Semua yang saya minta dalam doa dikabulkan, 
Akhirnya setelah perjuangan menahan rasa sakit. Senin, 14 April 2014 anak saya lahir ke dunia secara normal (Tepat 41 minggu dari tanggal perkiraan dokter kandungan)

Welcome my baby....
(Sengaja tanpa foto...)

Gak banyak membantu ya?
Hehehehe.. malah jadi kaya jurnal pribadi (harian) yak?
Hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar