Rabu, 05 September 2012

Kutipan

Dari membaca kita dapatkan kalimat-kalimat indah yang bisa menguatkan kita untuk mengarungi hidup. Entah itu dari novel entah dari biografi orang lain.
Berikut adalah salah satu bagian dari novel terjemahan yang bisa kita renungi..
**************************************************************************
SEGI CINTA

Kita menggunakan kata cinta karena mudah, tetapi aku sebenarnya mendapati bahwa cinta meliputi banyak sekali perasaan dan emosi. Sebagian nafsu dan sebagian semangat, sebagian pengharapan dan sebagian keajaiban. Cinta memiliki begitu banyak segi, tetapi dengan berjalannya waktu, aku mendapatkan satu segi cinta yang jelas lebih penting daripada yang lainnya.

Dan bagian itu...
Adalah memaafkan.

Perhatikanlah, saat-saat awal cinta membuat kita berpikir orang yang kita cintai adalah makhluk sempurna, tapi mana ada manusia yang sempurna di dunia ini?

Lalu dengan berjalannya waktu, ilusi kesempurnaan itu berganti dengan kenyataan. Kita mendapati orang yang kita cintai jauh dari kesempurnaan yang kita bayangkan, mereka memiliki kecacatan dan kelemahan.

Untuk benar-benar mencintai, kita harus melihat orang itu seutuhnya, memaafkan segala kekurangannya, sisi manusiawinya.

Kualitas maaf yang kita berikanlah yang membuat cinta meningkat ke taraf yang lebih tinggi, cinta bukan lagi suatu ilusi yang memenuhi harapan kita, tetapi kita mencintai seseorang apa adanya, apa yang kita bisa berikan padanya, bukan apa yang kita harap darinya.


(Nasehat Ratu Penwyck pada Ms Jordan Ashbury)

Dikutip dari Novel Fiksi "Her Royal Husband / Suamiku Sang Pangeran" karya Cara Colter, halaman 218

Tidak ada komentar:

Posting Komentar